Kelas: X IPS 2
3.7 Menyelesaikan cara merubah satuan pengukuran sudut radian ke derajat dan derajat ke radian.
1. Radian ke derajat
a. Ubahlah sudut 0,45 radian ke dalam bentuk derajat!
penyelesaian: 1 radian = 180°/π, maka = 0,45 ⦁ 180°/π = 0,45 ⦁ 180° = 25,80°
b. Sudut 2/5 radian sama dengan berapa derajat?
penyelesaian: 1 radian = 180°/π, maka = 2/5 ⦁ 180°/π =2/5 ⦁ 180° =72°
2. Derajat ke radian
a. 1/6π dapat ditulis dengan 30°
penyelesaian: 1° = π radian/180, maka = 1/6π ⦁ π radian/180 = 30°
b. Ubahlah sudut 89° ke dalam radian!
penyelesaian: 1° = π radian/180, maka =
89° ⦁ π radian/180
89° = 0,494π
89° = 0,494 (3,14)
89° = 1,55π
3.7 Menyelesaikan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, cotangen) pada segitiga siku-siku dan sudut istimewa (60°, 30°, 45°)
a.
penyelesaian: sin 60° = sin (∠DAC) = CD/AC = √3/2 = 1/2 √3
b.
penyelesaian: cos 30° = sin (∠DCA) = AD/AC = 1/2
3.7 Menyelesaikan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku di dalam koordinat kartesius
Segitiga KLM memiliki koordinat K(-5,-2), L(3,-2), M(-5,4). Nilai cos L dan tan M berturut-turut adalah?
penyelesaian: tampak bahwa segitiga KLM merupakan segitiga dengan siku-siku di L. dari gambar diatas, diketahui bahwa KL = 3-(-5) = 8. KM = 4-(-2) = 6. Dengan menggunakan teorema pythagoras, diperoleh:
LM = √KL² + √KM² = √8² + √6² = √64 + √36 = √100 = 10
untuk itu, cos L = KLM = 8/10 = 4/5. tan M = KLM = 8/6 = 4/3
jadi, nilai cos L dan tan M berturut-turut adalh 4/5 dan 4/3
3.7 Menyelesaikan nilai trigonometri pada suatu sudut segitiga siku-siku pada koordinat cartesius
penyelesaian: x = 7, y = -24, r = 25 (pythagoras).
koordinat kartesius = cos = absis/radius
cos 𝛉 = x/r = 7/25
3.7 Menyelesaikan komposisi operasi (+, -, :, ⦁) nilai trigonometri
a. tentukanlah nilai cos 120° sin 60°
penyelesaian:
cos 120° sin 60° = 1/2 (sin (A+B) - sin (A-B))
= 1/2 (sin (120° + 60°) - sin (120° - 60°))
= 1/2 (sin 180°) - sin (60°))
= 1/2 (0 - 1/2 √3)
= 1/2 (-1/2 √3)
= -1/4 √3
b. tentukanlah nilai 75° cos 15°
penyelesaian:
75° cos 15° = 1/2 (sin (A+B) + sin (A-B))
= 1/2 (sin 75° + 15°) + sin (75° - 15°))
= 1/2 sin (90°) + sin (60°))
= 1/2 (1 + 1/2 √3)
= 1/2 + 1/4 √3
3.8 Menyelesaikan rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran
a. Untuk perbandingan trigonometri berikut, nyatakanlah dalam perbandingan trigonometri sudut komplemennya
sin 50°tan 40°
cos 35°
penyelesaian:
sin 50° = sin (90° − 400°) = cos 40°
tan 40° = tan (90° − 50°) = cot 50°
cos 35° = cos (90° − 55°) = sin 55°
Ketiganya bernilai positif, karena sudut 50°, 40° dan 35° berada di kuadran I.
3.8 Menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri
a. seorang siswa akan mengukur tinggi pohon yang berjarak 4√3m dari dirinya. antara mata dengan puncak pohon tsb terbentuk sudut elevasi 30°. jika tinggi siswa tersebut terukur sampai mata adalah 1,6m berapakah tinggi pohon?
penyelesaian:
tan 30° = x/4√3 = 3√3
3x = (4√3) ⦁ √3
3x = 12m
x = 4m
tinggi pohon = x + y = 4m + 1,6m = 5,6m
b. bagus berdiri dengan jarak 80 m darisebuah menara memandang puncak menara dengan sudut elevasi 30°. jika jarak mata bagus dengan tanah adalah 150 cm, tinggi menara tsb adalah?
penyelesaian:
sin θ = 8×sin60∘4√6
sin R = 8×12√3 4√6 (rasionalkan)
sin R = 12√2⇒ θ = 45°
Jadi, besar sudut θ adalah 45°
3.9 Menyelesaikan aturan cos ditanya sisi
diketahui segitiga ABC memiliki sisi dengan panjang a = 10, c = 12, ∠B = 60°. hitunglah sisi B
penyelesaian:
b² = a² + c² - 2ac cos B
b² =10² + 12² - 44 cos 60°
b² = 100 + 144 - 44 ⦁ 0,5
b² = 244-22
b² = 222
b² = 14, 8997
3.9 Menyelesaikan aturan cos ditanya sudut
Diketahui segitiga PQR dengan PQ = 2√3, QR = 1 dan PR = √7. Jika ∠Q = θ, tentukan θ!
sin 50° = sin (90° − 400°) = cos 40°
tan 40° = tan (90° − 50°) = cot 50°
cos 35° = cos (90° − 55°) = sin 55°
Ketiganya bernilai positif, karena sudut 50°, 40° dan 35° berada di kuadran I.
b. Untuk perbandingan trigonometri berikut, nyatakanlah dalam perbandingan trigonometri sudut komplemennya
sin 20°
tan 40°
cos 53°
penyelesaian:
sin 20° = sin (90°-70°) = cos 70°
tan 40° = tan (90°-50°) = cot 50°
cos 53° = cos (90°-37°) = sin 37°
3.8 Menyelesaikan rasio trigonometri untuk sudut-sudut berelasi (kuadrat: I, II, III, IV), sudut negatif, dan sudut > 3600
a. Nyatakan tiap perbandingan trigonometri berikut di dalam sudut 37° ini:
Sudut 140° ada pada kuadran II, hingga tan 140° memiliki nilai negatif.
tan 140° = tan (180°−37°) = -tan 37°
Sudut 230° ada pada kuadran III, sehingga sinus memiliki nilai negatif.
sin 230° = sin (270°−37°) = -cos 37°
tan 140°
sin 230°
cos 320°
penyelesaian:sin 230°
cos 320°
Sudut 140° ada pada kuadran II, hingga tan 140° memiliki nilai negatif.
tan 140° = tan (180°−37°) = -tan 37°
Sudut 230° ada pada kuadran III, sehingga sinus memiliki nilai negatif.
sin 230° = sin (270°−37°) = -cos 37°
b. Nyatakan setiap perbandingan trigonometri berikut dalam sudut 37° !
tan 143°
sin 233°
cos 323°
penyelesaian:
Sudut 143° terletak pada kuadran II, sehingga tan 143° bernilai negatif.
tan 143° = tan (180° − 37°)
tan 143° = -tan 37°
Sudut 233° terletak pada kuadran III, sehingga sinus bernilai negatif.
sin 233° = sin (270° − 37°)
tan 233° = -cos 37°
Perhatikan bahwa sin berubah menjadi cos karena relasi yang digunakan (270°−α)
Sudut 323° terletak pada kuadran IV, sehingga cosinus bernilai positif.
cos 323° = cos (360° − 37°)
cos 323° = cos 37°
tan 143°
sin 233°
cos 323°
penyelesaian:
Sudut 143° terletak pada kuadran II, sehingga tan 143° bernilai negatif.
tan 143° = tan (180° − 37°)
tan 143° = -tan 37°
Sudut 233° terletak pada kuadran III, sehingga sinus bernilai negatif.
sin 233° = sin (270° − 37°)
tan 233° = -cos 37°
Perhatikan bahwa sin berubah menjadi cos karena relasi yang digunakan (270°−α)
Sudut 323° terletak pada kuadran IV, sehingga cosinus bernilai positif.
cos 323° = cos (360° − 37°)
cos 323° = cos 37°
3.8 Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana atau persamaan indentitas trigonometri = rumus identitas trigonometri
Jika cos2A=−725 untuk 180∘≤2A≤270∘, maka
Diketahui cos2A=−7/25.
Karena 180∘≤2A≤270∘, maka dengan membagi 2 pada ketiga ruasnya, diperoleh
90∘≤A≤135∘.
Jadi, A berada di kuadran II.
Perhatikan bahwa cos2A=2cos2A−1.
Karena 180∘≤2A≤270∘, maka dengan membagi 2 pada ketiga ruasnya, diperoleh
90∘≤A≤135∘.
Jadi, A berada di kuadran II.
Perhatikan bahwa cos2A=2cos2A−1.
2cos2A−1=−7/25
cos2A=9/25
cosA=−35 bernilai negatif karena berada di kuadranII
segitiga siku-sikutanA
cscA=mi/de=5/4
3.8 Menyelesaikan Koordinat kutub ke koordinat kartesius, koordinat kartesius ke koordinat kutub
a. koordinat kutub ke koordinat kartesius
jika diketahui koordinat kutub (6√3, 60°), maka koordinat kartesiusnya?
penyelesaian: koordinat kutub (r,α), koordinat kartesius (x,y)
r = 6√3, a = 60° (karena α sudut kuadran I, maka x dan y positif)
x = r cos α y = r sin α
x = 6√3 ⦁ cos 60° y = 6√3 ⦁ sin 60°
x = 6√3 ⦁ 1/2 y = 6√3 ⦁ 1/2 √3
x = 3√3 y = 3 ⦁ 3 = 9
koordinat kartesius (3√3, 9)
b. koordinat kartesius ke koordinat kutub
koordinat kutub titik (-4,4) adalah?
penyelesaian: (x,y) → (r,α)
x = -4, y = 4
r = √x² + √y² tan α = x/y
r = √-4² + √4² tan α = 4/-4
r = √32 = 4√2 tan α = -1
karena α sudut di kuadran II, maka α = (180°-45°) = 135°
koordinat kutub (4√2, 135°)
penyelesaian:
- jarak antara puncak pohon dengan bagian pohon yang segaris dengan mata siswa tsb = x
- jarak antara bagian pohon yang segaris dengan mata siswa sampai tanah = y
tan 30° = x/4√3 = 3√3
3x = (4√3) ⦁ √3
3x = 12m
x = 4m
tinggi pohon = x + y = 4m + 1,6m = 5,6m
b. bagus berdiri dengan jarak 80 m darisebuah menara memandang puncak menara dengan sudut elevasi 30°. jika jarak mata bagus dengan tanah adalah 150 cm, tinggi menara tsb adalah?
penyelesaian:
- 155 cm = 1,55 m
- tan 45° = tinggi tiang bendera sampai ketinggian anak/jarak anak dan tiang bendera
- tinggi tiang bendera sampai ketinggian anak = tan 45° ⦁ jarak anak dan tiang bendera
- tinggi tiang bendera sampai ketinggian anak = 1 ⦁ 12 m = 12 m
- tinggi total tiang bendera = tinggi anak + tinggi tiang bendera sampai ketinggian anak
- tinggi total tiang bendera = 12 m + 1,55 m = 13,55 m
3.9 Menyelesaikan aturan sinus diketahui 2 sudut dan 1 sisi
Tentukan besar sudut θ dari segitiga berikut
penyelesaian:
8sinθ =4√6 sin60∘
sin θ = 8×sin60∘4√6
sin R = 8×12√3 4√6 (rasionalkan)
sin R = 12√2⇒ θ = 45°
Jadi, besar sudut θ adalah 45°
3.9 Menyelesaikan aturan sinus diketahui 1 sudut dan 2 sisi
a. andi sedang mengukur mainan segitiganya yang tiap sudutnya dikodekan dengan A, B, C, kemudian diketahui segitiga tsb memiliki sudut. ∠A = 30°, sisi a = 6 cm, dan sisi b = 8 cm. hitung besar sudut B
sin B = 8/6 sin 30
sin B = 2/3
B = arc sin B
B = arc sin (2/3)
B =41,8°
besar sudut B = 41,8° atau 180°-41,8° = 138,2°
b. diketahui suatu taman di tengah kota berbentuk segitiga sembarang. jika sudut diapit sebesar 60° dan dua sisi yang mengapitnya masing-masing panjangnya 18 m dan 16 m maka luas taman tsb adalah?
L = 1/2 ⦁ 18 ⦁ 16 ⦁ 1/2 √3
L = 72√3 m²
penyelesaian:
sin B = (b sin A)/asin B = 8/6 sin 30
sin B = 2/3
B = arc sin B
B = arc sin (2/3)
B =41,8°
besar sudut B = 41,8° atau 180°-41,8° = 138,2°
b. diketahui suatu taman di tengah kota berbentuk segitiga sembarang. jika sudut diapit sebesar 60° dan dua sisi yang mengapitnya masing-masing panjangnya 18 m dan 16 m maka luas taman tsb adalah?
penyelesaian:
L = 1/2 ⦁ 18 ⦁ 16 ⦁ sin 60°L = 1/2 ⦁ 18 ⦁ 16 ⦁ 1/2 √3
L = 72√3 m²
3.9 Menyelesaikan aturan cos ditanya sisi
diketahui segitiga ABC memiliki sisi dengan panjang a = 10, c = 12, ∠B = 60°. hitunglah sisi B
penyelesaian:
b² = a² + c² - 2ac cos B
b² =10² + 12² - 44 cos 60°
b² = 100 + 144 - 44 ⦁ 0,5
b² = 244-22
b² = 222
b² = 14, 8997
3.9 Menyelesaikan aturan cos ditanya sudut
Diketahui segitiga PQR dengan PQ = 2√3, QR = 1 dan PR = √7. Jika ∠Q = θ, tentukan θ!
Dengan aturan cosinus :
(√7)2 = (1)2 + (2√3)2 − 2. 1. 2√3. cos θ
7 = 1 + 12 − 4√3. cos θ
4√3. cos θ = 6
cos θ = 64√3 (rasionalkan)
cos θ = 12√3⇒ θ = 30°
(√7)2 = (1)2 + (2√3)2 − 2. 1. 2√3. cos θ
7 = 1 + 12 − 4√3. cos θ
4√3. cos θ = 6
cos θ = 64√3 (rasionalkan)
cos θ = 12√3⇒ θ = 30°
3.9 Menyelesaikan Luas segitiga jika diketahui: 1 sudut 2 sisi, 3 sisi, 2 sudut 1 sisi
Dalam sebuah segitiga ABC diketahui besar sudut B dan C berturut-turut ialah 30o dan 37o. Jika panjang sisi di antara dua sudut tersebut ialah 8 cm, maka tentukanlah luas segitiga tersebut.
penyelesaian:
Dik : B = 30o, C = 37o, a = 8 cm
Dit : L = .... ?
Langkah pertama kita tentukan besar sudut A :⇒ A + B + C = 180o⇒ A = 180o - (B + C)⇒ A = 180o - (30o + 37o)⇒ A = 180o - 67o⇒ A = 113o
Berdasarkan rumus di atas :
penyelesaian:
Dik : B = 30o, C = 37o, a = 8 cm
Dit : L = .... ?
Langkah pertama kita tentukan besar sudut A :⇒ A + B + C = 180o⇒ A = 180o - (B + C)⇒ A = 180o - (30o + 37o)⇒ A = 180o - 67o⇒ A = 113o
Berdasarkan rumus di atas :
⇒ L =
|
a2 sin B sin C
|
2 sin A
|
⇒ L =
|
82 sin 30o sin 37o
|
2 sin 113o
|
⇒ L =
|
64 (0,5) (0,6)
|
2 (0,92)
|
⇒ L =
|
19,2
|
1,84
|
⇒ L = 10,42 cm
3.10 Menyelesaikan gambar fungsi trigonometri f(x) = sin x, f(x) = cos x, f(x) = tan x, f(x) = csc x, f(x) = sec x, f(x) = cot (x)
Grafik fungsi f(x)=−2cos3x,−π≤x≤π adalah
Bentuk umum fungsi cosinus adalah f(x)=acos kx. Oleh karena f(x)=−2cos3x, maka dan .
Amplitudo grafiknya adalah dan saat , nilai fungsinya adalahf(0)=−2cos3(0)=−2(1)=−2,
sehingga pilihan B, D, E tereliminasi.
Karena , maka periode fungsinya adalah
Amplitudo grafiknya adalah dan saat , nilai fungsinya adalahf(0)=−2cos3(0)=−2(1)=−2,
sehingga pilihan B, D, E tereliminasi.
Karena , maka periode fungsinya adalah
3=2π/Periode⇔Periode=2/3π
periode grafiknya dapat dilihat dengan observasi berikut: dari titik ke titik terdapat 1,5 gelombang (1,5 lembah; 1,5 bukit), sehingga periodenya adalah Jadi, grafik fungsi adalah
periode grafiknya dapat dilihat dengan observasi berikut: dari titik ke titik terdapat 1,5 gelombang (1,5 lembah; 1,5 bukit), sehingga periodenya adalah Jadi, grafik fungsi adalah
3.10 Menyelesaikan membaca gambar fungsi trigonometri f(x) = sin x, f(x) = cos x, f(x) = tan x, f(x) = csc x, f(x) = sec x, f(x) = cot x
Fungsi yang sesuai dengan grafik berikut adalah?
Beranjak dari grafik sinus: karena kurvabergeser (ke kiri) sejauh , maka bentuk umum grafik fungsinya adalahf(x)=y=asink(x−c).
Untuk grafik ini, nilai c yang menentukan pergeseran kurva adalah (tandanya negatif, karena grafik bergeser ke kiri).
Dimulai dari titik yang nilai fungsinya 0, grafik fungsi kembali bernilai0 dan berulang kembali di titik , sehingga periode grafik fungsinya adalah.
Dengan demikian,
Nilai a ditentukan oleh nilai maksimum dan nilai minimum fungsi, yakni
Untuk grafik ini, nilai c yang menentukan pergeseran kurva adalah (tandanya negatif, karena grafik bergeser ke kiri).
Dimulai dari titik yang nilai fungsinya 0, grafik fungsi kembali bernilai0 dan berulang kembali di titik , sehingga periode grafik fungsinya adalah.
Dengan demikian,
Nilai a ditentukan oleh nilai maksimum dan nilai minimum fungsi, yakni
Jadi, rumus grafik fungsinya adalahf(x)=2sin1(x+π2)=2sin(x+π2)
3.10 Menyelesaikan Range nilai fungsi trigonometri f(x) = sin x, f(x) = cos x, f(x) = tan x, f(x) = csc x, f(x) = sec x, f(x) = cot x
Carilah turunan f'(x) dari fungsi-fungsi trigonometri dibawah ini :
a. f(x) = 4 sin x
b. f(x) = 3 cos x
c. f(x) = -2 cos x
d. f(x) = 2 sec x
e. f(x) = 2 csc x
penyelesaian
a. f(x) = 4 sin x
b. f(x) = 3 cos x
c. f(x) = -2 cos x
d. f(x) = 2 sec x
e. f(x) = 2 csc x
penyelesaian
a. f(x) = 4 sin x → f'(x) = 4 cos x
b. f(x) = 3 cos x → f'(x) = -3 sin x
c. f(x) = -2 cos x → f'(x) = -2 (-sin x) → f'(x) = 2 sin x
d. f(x) = 2 sec x → f'(x) = 2 sec x . tan x
e. f(x) = 2 csc x → f'(x) = 2 (-csc x . cos x) → f'(x) = -2 csc x . cot x
b. f(x) = 3 cos x → f'(x) = -3 sin x
c. f(x) = -2 cos x → f'(x) = -2 (-sin x) → f'(x) = 2 sin x
d. f(x) = 2 sec x → f'(x) = 2 sec x . tan x
e. f(x) = 2 csc x → f'(x) = 2 (-csc x . cos x) → f'(x) = -2 csc x . cot x
3.7 Menyelesaikan sudut elevasi, sudut depresi
Tentukanlah periode, nilai maksimum, minimum, dan amplitudo dari fungsi
f(x) = 2 sin 2x + 5
penyelesaian:
f(x) = 2 sin 2x + 5 → a = 2 , b = 5
Nilai maksimum = |a| + b = |2| + 5 = 7
Nilai minimum = -|a| + b = -|2| + 5 = 3
Amplitudo = ½ (7 – 3 ) = ½ . 4 = 2
f(x) = 2 sin 2x + 5 → a = 2 , b = 5
Nilai maksimum = |a| + b = |2| + 5 = 7
Nilai minimum = -|a| + b = -|2| + 5 = 3
Amplitudo = ½ (7 – 3 ) = ½ . 4 = 2
No comments:
Post a Comment